Let’s get creative!

30 Aug

Kreativitas adalah suatu pola pemikiran yang tidak merunut pada aturan serta batasan-batasan yang ada. pola pemikiran ini mencoba untuk keluar dari pola pemikiran umum orang pada wajarnya. Berpikir dengan konsep ‘out of the box’. pola pemikiran ini menuntut orang untuk berekspresi sebebas mungkin tanpa perlu mengkhawatirkan pola pemikiran teoritis pada umumnya.

Contohnya adalah, dalam kehidupan sehari-hari terkadang terdapat beberapa persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan pola pemikiran yang wajar, diperlukan pola pemikiran kreativitas untuk dapat keluar dari persoalan tersebut. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, yang kita lupa, hanyalah untuk berfikir kreatif untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana ciri-ciri orang kreatif? Mengutip dari sebuah blog, inilah ciri-ciri orang kreatif:

Ingin tahu – orang yang selalu ingin tahu biasanya akan selalu berusaha untuk menjadi tahu, rasa ingin tahu yang besar bisa menjadi sumber motivasi untuk melakukan sesuatu. Orang yang kreatif selalu terlihat sibuk mengerjakan atau mencari sesuatu, mereka terlihat sangat antusias dengan apa yang dikerjakannya. Itu karena adanya dorongan rasa ingin tahu yang kuat.

Masalah – orang yang kreatif melihat permasalahan sebagai hal yang menarik, dan mau menerima permasalahan tersebut. Kita terbiasa melihat masalah sebagai halangan dan hal yang tidak bisa diterima. Sehingga kita selalu berusaha lari dari permasalahan daripada mencari pemecahannya. Orang yang kreatif tidak lari dari permasalahan, mereka malah asyik mencari-cari solusinya.

Menantang – orang yang kreatif tidak akan lari dan menghindar bila diberi tantangan. Banyak orang yang menjadi suksess setelah diberi tantangan dan menerima tantangan tersebut sebagai sebuah kesempatan.

Tidak puas – orang kreatif tidak pernah menerima begitu saja hal-hal yang dianggapnya salah. Hal ini membangkitkan motivasi untuk mencari dan menemukan hal-hal yang bisa membuat sesuatu jadi lebih baik. Semangat untuk membangun inilah yang membuat mereka menjadi kreatif.

Optimis – orang kreatif berkeyakinan bahwa setiap masalah pasti ada solusinya (mungkin tidak semua masalah), tidak ada tantangan yang terlalu besar baginya. Ini bukan berarti orang kreatif selalu bahagia dan tidak pernah merasa tertekan atau depresi, tapi mereka tidak membiarkan dirinya tenggelam dan berdiam diri menghadapi permasalahan.

Menilai – orang kreatif tidak gampang memberikan penilaian dan mengambil sikap akan suatu ide. Suatu ide besar pada awalnya seringkali dianggap sebagai ide yang gila. Jika kita cepat memberi penilaian bahwa ide tersebut gila dan tidak masuk akal, maka ide tersebut akan hilang dan tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Kesulitan – dalam perjalanan menjadi kreatif tidak sedikit kesulitan yang akan menghadang, hal inilah yang membedakan orang yang menjadi kreatif dengan yang kurang kreatif. Orang kreatif melihat kesulitan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan, semakin tinggi kesulitan yang dihadapi berarti akan semakin meningkat pula kemampuan jika bisa melewatinya.

Flexibel – kita sering terkagum-kagum bagaimana orang kreatif menyelesaikan suatu hal yang kita anggap sangat sulit, begitu mudahnya mereka melihat permasalahan dan menghasilkan solusinya. Mereka menyelesaikan permasalahan dengan cara yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita, cara mereka menyesaikan masalah tersebut seringkali terlihat sangat sederhana, tidak berbelit-belit dan rumit seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Orang kreatif mempunyai pemikiran dan imajinasi yang flexibel dan tidak kaku sehingga mereka bisa melihat berbagai celah yang tak terlihat oleh kita.

Orang kreatif belum tentu sukses, akan tetapi untuk sukses dibutuhkan kreatif.

Berikut adalah kutipan cerita dari orang kreatif yang sukses:

1. Alexander Graham Bell

Pencipta telepon, Alexander Graham Bell berkata:

“Jangan selalu menggunakan jalan umum, pergilah dimana orang lain belum pernah pergi. Pergi ke suatu tempat yang anda tidak pernah pergi. Anda pasti akan berjumpa dengan sesuatu yang tidak pernah anda lihat sebelum ini. Satu penemuan akan membawa anda ke satu penemuan yang lain, dan tanpa anda sadari anda mempunyai sesuatu yang bagus untuk difikirkan. Semua penemuan yang penting adalah berasal daripada pemikiran.”

Beliau adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.

2. Bill Gates

Bill Gates tidak mencipta komputer seperti Steve Jobs (komputer Apple), tetapi menulis software untuk apple dan kemudian melihat peluangnya lebih cerah jika software itu bisa digunakan oleh semua jenis komputer. Kini Windows ciptaan beliau digunakan oleh hampir semua komputer didunia ini.

Itulah 2 contoh orang kreatif yang sukses, bagaimana dengan Anda? Tentunya saya percaya bahwa setiap orang memiliki kreativitas. Yang berbeda hanyalah seberapa sering kita mengasah serta melatih kreativitas kita tersebut. Tidak ada masalah yang tidak ada penyelesaiannya, semua bisa diselesaikan dengan kreativitas kita berfikir. Oleh karena itu, marilah kita berfikir kreatif!

-Haifa Hassanah

Advertisements

One Response to “Let’s get creative!”

  1. benakribo December 31, 2010 at 10:36 am #

    definitely! full of inspiration deh 2 org itu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: